Home

Keistimewaan Dan Manfaat Sholat Sunnah Tahajud

Keistimewaan Dan Manfaat Sholat Sunnah Tahajud - Sholat tahajud mempunyai faedah yang begitu besar bila ditangani dengan cara teratur tiap-tiap malam. Lantaran faedah ini juga, kenapa hingga sholat tahajud begitu disarankan untuk umat muslim. Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an ataupun hadis yang memberi keterangan mengenai kandungan faedah yang dipunyai oleh sholat sepertiga malam ini. Sebagian salah satunya seperti, penghapus dosa, pembuka rezeki, pengabul doa, serta ada banyak lagi. Pastinya, semuanya cuma bisa dicapai bila kita rajin untuk bertahajud.

Mungkin saja, ini juga sebagai sebab, Rasulullah di selama hidupnya tak pernah meninggalkan sholat tahajud. Bahkan juga, dalam satu kisah disebutkan kalau, sebelumnya sholat lima saat diharuskan pada Rasulullah, perintah melakukan sholat tahajudlah yang pertama kalinya di terima oleh beliau dari Allah SWT.
15 Faedah Kerjakan Sholat Tahajud
faedah sholat tahajud

Lalu, apa faedah dari melakukan sholat tahajud? Nah, tema berikut sebagai materi kajian kita kesempatan ini. Sebagian dari faedah itu sudah kami katakan diatas. Sesuai sama judul artikel ini, jadi kami bakal memberi sedikitnya 15 faedah kerjakan sholat tahajud, selamat membaca.

Keistimewaan Dan Manfaat Sholat Sunnah Tahajud


Faedah Sholat Tahajud
Faedah yang bakal di peroleh saat melakukan sholat tahajud, salah satunya :
1. Dikabulkannya Doa-doa
Faedah sholat tahajud yang pertama yaitu dikabulkannya doa-doa. Seperti yang kita ketahuai, sholat tahajud yaitu sholat sunnah yang ditangani saat malam hari setelah tidur terlebih dulu lantaran arti kata tahajud yaitu bangun saat malam hari. Paling penting, sholat tahajud yang ditangani pada sepertiga malam hingga mendekati masuk saat sholat subuh. Pada saat berikut Allah SWT mengabulkan doa-doa hambanya. Hal semacam ini berdasar pada info hadis Nabi :

" Perintah Allah turun ke langit di saat tinggal sepertiga yang akhir dari saat malam, lantas berseru, adakah beberapa orang yang memohon (berdoa) pastinya akan kukabulakn, adakah orang yang memohon, pastinya akan Kuberikan serta adakah yang mengharap ampunan, pastinya akan kuampuni baginya hingga tiba saat Subuh. " (Al-Hadis).

2. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji
Faedah sholat tahajud yang ke-2 yaitu Allah SWT bakal mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Info mengenai ini bisa kita baca dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79 :

" Serta pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah anda sebagai satu beribadah penambahan bagimu ; Semoga Tuhan-mu mengangkat anda ke tempat yang terpuji. " (QS A1-Isra 17 : 79).

Diluar itu, info lain bisa diketemukan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Abi Darda r. a, kalau Rasulullah bersabda :

" Ada 3 jenis manusia, Allah SWT menyukai mereka, tersenyum pada mereka, serta terasa suka dengan mereka, yakni salah nya ialah orang yang mempunyai istri cantik dan tempat tidur lembut serta bagus. Lalu ia bangun malam (untuk sholat), lantas Allah SWT berkata : 'Ia meninggalkan kesenangannya serta mengingat Saya. Kalau ia berkehendak, jadi ia bakal tidur. " (Kisah Ath-Thabrani).

3. Mendekatkan Diri Pada Allah
Faedah sholat tahajud yang ketiga yaitu sebagai media untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Hal semacam ini dikuatkan melalui info hadis Rasullullah SAW :

" Sebaiknya kalian melakukan sholat malam lantaran sholat malam itu adalah rutinitas beberapa orang shaleh sebelumnya kalian, beribadah yang mendekatkan diri pada Tuhan kalian, dan penutup kekeliruan serta penghapus dosa. " (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Dalam kisah yang lain, disebutkan kalau Jibril pernah berkata pada Rasulullah Saw :

" Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Serta kegagahan orang beriman yaitu sikap mandiri dari pertolongan orang lain ". (Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

4. Peroleh beragam Kemuliaan
Faedah sholat tahajud yang ke empat yaitu bakal peroleh beragam kemuliaan. Hal semacam ini diperkuat berdasar pada info hadis Rasulullah SAW, yang bersabda :

" Barangsiapa melakukan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, serta dengan tata teratur yang rapi, jadi Allah SWT bakal memberi 9 jenis kemuliaan : 5 jenis didunia serta 4 jenis di akhirat. "

Mengenai lima keutamaan didunia itu yaitu bakal dipelihara oleh Allah SWT dari semua jenis bencana, sinyal ketaatannya bakal terlihat terlihat di mukanya, bakal di cintai beberapa hamba Allah yan shaleh serta di cintai oleh semuanya manusia, lidahnya bakal dapat mengatakan kalimat yang memiliki kandungan hikmah serta bakal jadikan orang bijaksana, yaitu di beri pemahaman dalam agama.

Mengusir Penyakit serta Tingkatkan Kekebalan Badan
Faedah sholat tahajud yang ke lima yaitu bisa mengusir beragam penyakit serta di waktu yang sama tingkatkan kekebalan badan. Sedikit yang mengerti kalau kepatuhan kita kerjakan ritual keagamaan seumpama sholat tahajud bakal memberi dampak pada meningkatnya system kekebalan badan. Hal semacam ini berdasar pada riset yang dikerjakan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Selanjutnya beliau menyampaikan kalau di waktu yang sama saat kekebalan badan telah bertambah, automatis semua penyakit yang menyerah bakal musnah dengan sendirinya.


6. Menghindari Diri dari Kelalaian Hati
Faedah sholat tahajud yang ke enam yaitu menghindari diri dari kelalaian hati. Keterangan mengenai ini bisa diketemukan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi :

" Siapa saja kerjakan sholat saat malam hari dengan membaca seratus ayat, jadi ia akan tidak dicatat sebagai orang lupa. Serta jika membaca dua ratus ayat, jadi sungguh ia bakal dicatat sebagai orang yang senantiasa patuh serta ikhlas. " (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

7. Menang dalam Jihad Melawan Musuh
Faedah sholat tahajud yang ketujuh yaitu mencetak kemenangan dalam jihad melawan musuh. Musuh paling besar dalam diri manusia yaitu udara nafsu. Melakukan sholat tahajud mungkin saja agak berat untuk beberapa orang lantaran lihat saat pelaksanaannya pada jam-jam di mana kita umumnya tertidur nyenyak. Godaan untuk meneruskan tidur tentunya begitu besar di saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melakukan sholat tahajud bermakna ia sudah sukses melawan godaan dalam dianya untuk melaksanakan ibadah pada Allah SWT.
8. Memperingan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat
Faedah sholat tahajud yang kedelapan yaitu memperingan kita saat berdiri pada hari kiamat kelak. Info mengenai ini sesuai sama yang pernah disibakkan Ibnu Abbas ra, yang berkata :

" Siapa saja yang suka apabila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, jadi sebaiknya ia memerlihatkan dianya pada Allah pada malam hari dengan sujud serta berdiri mengingat hari akhir. " (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

9. Menghindar Perbuatan Dosa serta Meniadakan Kejahatan
Faedah sholat tahajud yang kesembilan yaitu bisa menghindar diri dari perbuatan dosa serta meniadakan kejahatan. Ini sesuai sama Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahli ra, yang berbunyi :

" Hendakah kalian kerjakan qiyaamullail, sebenarnya ia yaitu rutinitas beberapa orang shaleh sebelumnya kalian, mendekati diri pada Allah Ta’ala, menghindar perbuatan dosa, meniadakan kejahatan serta mencegah penyakit dari tubuh. " (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

10. Muka Terlihat Bercahaya serta Bercahaya
Faedah sholat tahajud yang kesepuluh yaitu bikin muka bercahaya serta bersinar. Mengenai ini, pernah satu saat Hasan Al-Basri ra di tanya oleh seorang, " Kenapa orang yang bertahajud di saat malam mempunyai muka yang bagus? ". Hasan Basri menjawab :

" Lantaran mereka menyendiri berbarengan Tuhan-nya saat malam hari, lalu Allah memberi pada mereka beberapa dari cahaya-Nya. " (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Berkaitan dengan adanya ini juga, Imam Ibnul Qayyim pernah berkata :

" Sebenarnya sholat malam itu bisa memberi cahaya yang terlihat di muka serta membaguskannya. Beberapa istri perbanyak melakukan sholat malam. Saat di tanyakan pada mereka tentang hal itu, mereka menjawab, ‘Sholat malam itu bisa membaguskan muka serta kami suka apabila muka kami jadi semakin bagus ".

11. Bisa Memperlancar Aliran Darah
Faedah sholat tahajud yang kesebelas yaitu bisa memperlancar aliran darah pada badan. Bangun pada jam 02. 30 untuk melakukan sholat tahajud nyatanya begitu berguna untuk badan. Pada saat itu, hawa di sekitar begitu fresh bebas dari polusi. Ketika itu juga, badan memiliki peluang untuk menggerak-gerakkan semua otot yang bikin badan lebih fresh serta aliran darah merasa lebih lancar.
12. Jaminan Masuk Surga
Faedah sholat tahajud ke-12 yaitu memperoleh jaminan masuk surga. Ini sesuai sama info dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi :

" Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikan konsumsilah, sambung tali kasih, sholat malamlah waktu orang pada terlelap, jadi masuklah surga dengan selamat ". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

13. Di cintai Allah SWT
Faedah sholat tahajud yang ke-13 yaitu bakal peroleh cinta Allah SWT. Orang yang bertahajud, pilih bangun di dalam malam serta meninggalkan tidur yang nyaman untuk untuk bersujud di hadapan sang pencipta. Semua pengampunan Allah bakal diberikan pada orang bertahajud itu. Hal semacam ini sudah pasti dikarenakan oleh Allah SWT sudah menyukai mereka.
14. Penyelamat dari Siksa Neraka
Faedah sholat tahajud yang ke-14 yaitu bisa menyelamatkan diri dari siksa api neraka. Mengenai ini, Ibnu Umar r. a pernah meriwayatkan kalau pada saat Rasulullah SAW, saat seorang punya mimpi, ia bakal bercerita mimpi itu ke Rasulullah SAW. Saya juga mengharapkan memperoleh mimpi yang bisa kuceritakan pada Rasulullah SAW. Dia berkata,

" Saya yaitu seseorang anak muda perjaka. Saya tidur di masjid pada Rasululullah Saw, jadi saya punya mimpi seolah-olah dua malaikat mengambilku serta membawaku ke neraka, nyatanya ia yaitu bangunan seperti bangunan sumur. Ia mempunyai dua palang seperti palang sumur. Di dalamnya ada manusia yang sudah saya kenal. Jadi saya mulai mengatakan, 'Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka'. Lalu seseorang malaikat menjumpai keduanya, jadi dia berkata kepadaku, 'Janganlah takut! ' (Mimpi ini) saya katakan pada Hafshah, jadi Hafshah menceritakannya pada Rasulullah serta beliau bersabda, " Sebaik-baik lelaki yaitu Abdullah, apabila dia kerjakan sholat pada saat malam. " Salim berkata, 'setelah itu Abdullah tak tidur saat malam hari terkecuali cuma sebentar. " (HR Bukhari serta Muslim)

Penyebabnya Husnul Khatimah
Faedah sholat tahajud yang ke-15 yaitu seseorang hamba bakal mencapai husnul khatimah di waktu ajal menjemputnya. Kita semuanya mengerti kalau semuanya yang bernyawa pastinya akan berpisah serta meninggalkan dunia ini menuju tempat kekal di akhirat. Sholat tahajud sanga berguna untuk siapapun yang mengerjakannya, lantaran sholat ini dapat menolong orang itu untuk meraih husnul khatimah.

Mudah-mudahan hadirnya 15 faedah kerjakan sholat tahajud diatas, bakal bikin kita semuanya lebih semangat dalam menggerakkan beribadah sholat tahajud. Pastinya, semuanya faedah ini sayang untuk kita sia-siakan. Sholat tahajud seperti hadiah dari Allah SWT untuk kita semuanya, jadi berbahagialah kita sebagai hamba Allah, selamat bertahajud.


Keistimewaan Dan Manfaat Sholat Sunnah Tahajud