Cara Sholat Hajat Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Advertisement
Advertisement
Cara Sholat Hajat Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya - Saudaraku, Sholat hajat ini yaitu satu beribadah sholat sunnah yang dikhususkan untuk kita sebagai hamba Allah, agar bisa memohon serta memohon satu hajat kepada-Nya. Hajat (kepentingan) itu, ada yang pada Allah SWT, dan ada juga dari kita yang memiliki hajat pada sesama manusia, atau dapat dimaksud juga Hajat dalam soal masalah duniawi serta ukhrawi.

Bila kita memaknai kata “Hajat” menurut arti bhs yakni ; kepentingan atau keperluan. Jadi pengertian sholat sunnah hajat di sini yaitu ; sholat sunnah yang dikerjakan/ditangani lantaran kita memiliki maksud atau kepentingan dan tentunya mengharapkan Agar Allah SWT mengabulkannya (mengabulkan hajat kita).

Saat Untuk Melakukan Sholat Hajat ;

Proses sholat ini sesungguhnya dapat dikerjakan setiap saat, seandainya bukanlah ketika (saat) yang dilarang untuk kerjakan sholat, Misalnya ; sholat sesudah subuh serta lain-lainnya.

Cara Sholat Hajat Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Walau demikian saat yang paling penting (mustajab) yaitu ketika 1/3 malam paling akhir yaitu sekitaran tengah malam (jam 02. 00 wib)

Saat sepertiga malam itu insyaallah adalah saat yang paling istimewa dalam melakukan sholat termasuk juga sholat hajat, sebagai bentuk dari penghambaan kita pada Allah SWT, ditambah lagi bila kita berdoa pada malam itu Insyaallah bakal mustajab doa kita.
Tata Langkah Sholat Hajat

Tentang langkah melakukan sholat sunnah hajat ini dapat tak ada ketidaksamaan dengan melakukan sholat sunnah yang lain atau sholat fardhu. Mungkin saja ketidaksamaannya cuma terdapat pada kemauan dan waktunya saja yang tidak sama.
Tersebut Bacaan Kemauan Sholat Sunnah Hajat ;

Kemauan (disampaikan dalam hati)
Mengucap Takbir (takbiratul ihrom) sembari mengucap kemauan bersmaan dengan takbir
Membaca Do’a iftitah – Surat Alfatihah – Satu diantara surat dalam Alqur’an
Ruku’
I’tidal
Sujud
Duduk pada 2 sujud
Sujud ke-2
Berdiri untuk raka’at ke-2, lalu membaca fatihah – surat alqur’an (yang sudah dihafal) teruskan seperti pada raka’at pertama sesudah 2 raka’at akhiri dengan SALAM

Sesudah Kita usai Sholat Sunnah Hajat, jadi lalu alangkah tambah baik bila kita memohon ampunan pada Allah SWT, dengan membaca istighfar : 100 kali, dan sholawat nabi : 100 kali, lantas lalu dilanjutkan dengan membaca doa

Bila kita belum dapat menghafal doa di atas, jadi kita dapat menggantinya dengan doa-doa yang lain, doa apa sajakah atau dapat berdoa dengan bhs kita keseharian. yang paling utama kemauan kita serta tingkat kekhusuan kita dalam berdoa pada Allah SWT.

Saudaraku, mudah-mudahan dengan kita melakukan sholat hajat ini, kita senantiasa memperoleh ampunan, ridho, dan hasrat kita dapat terwujud.

keajaiban shalat hajat

Tiap-tiap manusia pastinya mempunyai hasrat, baik dalam soal pendidikan, rumah tangga, maupun keberhasilan. Dalam satu Hadits diterangkan kalau saat seorang mempunyai hasrat atau keinginan pada Allah jadi kita disarankan untuk mengambil air wudhu lantas sholat dengan dua rakaat, yaitu sholat hajat. Dalam sholat ini kita memberikan pujian pada Allah, melafalkan slawat pada Nabi serta lalu melafalkan Laa Illah Illallohul haliimul kariimu, subhaana. Berikut keajaiban Shalat Hajat untuk menolong kita.

Dalam satu hadits diterangkan bila ketika itu ada seorang yang tengah lakukan perjalanan jauh di Yaman. Tetapi, keledai yang ia tumpangi lalu mati di dalam perjalanan. Lantas ia segera mengambil air wudhu serta menunaikan sholat hajat. Lalu, orang itu memohon pada Allah supaya Dia menghidupkan kembali keledainya. Orang itu lakukan perjalanan untuk berjuang di jalan Allah serta mencari ridho Allah. Kemudian, keledai yang sudah mati kembali bangkit atau hidup.

Ada Hadits lain yang meriwayatkan cerita tentang keutamaan Shalat Hajat. Pada saat itu ada seorang yang buta datang menjumpai Rasul. Dia memohon pada Rasul supaya Beliau sudi untuk berdoa atau memohon pada Allah untuk mengobati mata orang itu. Lalu, Rasul malah menyarankan orang itu untuk mengambil air wudhu lantas shalat hajat serta memohon kesembuhan pada Allah. Kemudian, orang itu bisa lihat seperti tak pernah alami kebutaan terlebih dulu.

Berdasar pada cerita diatas, di ketahui bagaimana keutamaan dari sholat hajat. Tiap-tiap manusia tentu mempunyai hasrat baik untuk kesembuhan, kekayaan atau apa pun dalam kehidupannya. Dalam Al-Qur’an juga telah diterangkan cuma Allah-lah yang bisa penuhi keperluan serta mengabulkan semua hasrat kita. Hal ini dapat telah dicontohkan oleh Rasul. Beliau alami kehidupan yang begitu susah lantaran beberapa orang yang memusuhi Beliau. Jika Rasul alami kesusahan, jadi hal pertama yang dikerjakannya yaitu dengan memohon pada Allah. Satu diantara yang beliau kerjakan yaitu sholat hajat. Sholat hajat adalah jalan keluar untuk kita yang tengah alami kesusahan atau membutuhkan pertolongan. Diluar itu, sholat juga berperan sebagai media untuk manusia menyampaikan semua keluh kesahnya.

Semuanya sholat mempunyai keutamaan serta faedahnya semasing. Begitu halnya sholat hajat. Sholat ini mempunyai manfaat lebih khusus, yaitu sebagai beribadah saat seorang membutuhkan pertolongan atau tengah mempunyai permasalahan. Diluar itu, sholat hajat adalah langkah yang pas untuk seorang menyampaikan persoalan dalam kehidupan.

Sebagian kisah dalam kitab sudah tunjukkan tata langkah Sholat Sunnah Hajat serta keampuhannya. Allah senantiasa mengabulkan semua keinginan dari hamba-Nya yang beriman. Terkecuali faedahnya, sholat ini bisa dikerjakan dengan gampang lantaran tak ada batasan saat terkecuali pada waktu-waktu yang haram dikerjakan sholat. Sholat hajat bisa dikerjakan pada siang atau malam hari. Tidak sama dengan sholat yang lain, hingga kita bisa sesuaikan dengan saat beribadah atau kesibukan yang lain.
Sebagai seseorang muslim, sebaiknya kita menyampaikan serta memohon cuma pada Allah sang Maha Kuasa. Sholat Hajat bisa jadi penghubung untuk kita untuk memohon pada Allah saat tengah dalam kesulitan. Terutama Allah memberi keringanan untuk kita untuk melakukan sholat ini setiap saat. Sekian keajaiban Sholat Sunnah Hajat.

Advertisement